Penyakit Pembengkakan Abdomen


1. Ascites


Asites adalah penumpukan cairan dalam rongga perut. Cairan itu terjadi karena berbagai penyakit kronik yang mendasarinya. Penyakit kronik yang paling sering adalah penurunan fungsi liver yang kronik (sirosis hati). Penyakit lain yang dapat menimbulkan asites ini adalah penyakit yang menyebabkan kadar protein albumin turun dari dalam darah, gagal jantung, kuman tuberkulosa dalam rongga perut,kanker yang menyebar ke dalam rongga perut.

Pemeriksaan Ascites :

pemeriksaan fisik tangan. Bila asitesnya sangat sedikit, maka dengan bantuan alat USG baru terdeteksi.

Pengobatan asites ini adalah dengan cara dikeluarkan cairan tersebut sekaligus dilakukan analisa cairan asites untuk mendeteksi sel, kultur kuman dan analisa kimia (kadar protein-nya).

Cara mengeluarkan cairan asites adalah dengan pungsi (dialirkan cairan dari dalam perut dengan bantuan jarum suntik). Pengobatan definitif adalah dengan mengobati penyakit yang mendasari terjadinya ascites.


 

2. Hernia Umbilical

Definisi :

Tonjolan usus lewat lubang atau pada area yang lemah pada dinding perut.

Untuk mendiagnosa penyakit ini, dokter kadang menggunakan ultrasonografi.

Hernia ini sering terjadi pada laki-laki. Dinding perut yang tebal dan keras pada hampir seluruh areanya yang lemah, di mana lubang sebelumnya sudah ditutup. Mengangkat beban atau meregang dapat membuat hernia lebih terlihat nyata, tapi ini tidak membuat hernia terbentuk.

Hernia umbilical, terjadi di sekitar pusar (umbilicus). banyak bayi yang mengalamiĀ  ini. Itu terjadi karena lubang untuk pembuluh darah tidak tertutup secara sempurna. Orang dewasa yang mengalami hernia umbilical disebabkan oleh obesitas, hamil, atau kelebihan cairan di perut (ascites).