Radiasi Elektromagnetik


    Berhubung besok saya akan Final Praktikum dan teori fisiologi, ada baikanya kalau saya membuat rangkuman dari beberapa materi  Radiasi Elektromagnetik yang saya dapatkan pada mata kuliah  blok biomedic.

ehem,

Mari Belajar !

sinar gama dibedakan dengan sinar X oleh asal mereka. sinar gamma dan  sinar X mudah untuk melintasi jarak yang besar di dalam udara dan mampu menembus jaringan tubuh hingga beberapa sentimeter.

Kelompok radiasi optik terdiri dari 3 jenis yaitu radiasi ultra violet (UV), cahaya tampak dan infra merah (IR). Spektrum sinar UV adalah radiasi elektromagnetik yang terletak pada rentang panjang gelombang 100 nm – 400 nm, dibagi atas UV-C (100 – 280 nm), UV-B (280 – 315 nm) dan UV-A (315 – 400 nm).  Sumber radiasi UV buatan manusia pada dasarnya terdiri dari tiga jenis yaitu incandescent, seperti lampu halogen tungsten, lampu neon, lampu intensitas tinggi yang digunakan pada industri untuk fotopolimerisasi, lampu germisidal untuk sterilisasi dan lampu untuk pengelasan metal; dan laser UV seperti excimer laser.

 

Sifat-sifat Gelombang Elektromagnetik

  1. Semakin besar frekuensinya, maka semakin besar energi yang dipancarkan
  2. memiliki kecepatan sebesar 3 x 10 pangkat 8 m/s
  3. Semakin kecil λ maka semakin besar energi yang dipancarkan.
  4. Semakin besar frekuensinya, maka semakin kecil gelombangnya.

 

Berikut ini yang termasuk Gelombang Elektromagnetik :

  • Gelombang Radio , λ = 1 mm-10.000 km
  • Infra Merah , λ = 0,001-1 mm
  • Cahaya Tampak , λ =400-720 nm
  • Ultra Violet , λ = 10-400nm
  • Sinar X , λ = 0,01-10 nm
  • Sinar Gamma , λ = 0,0001-0,1 nm

 

Nb :

λ = Panjang Gelombang

 

Iklan